Berikut adalah Manfaat E-businees bagi Organisasi, Konsumen, dan Masyarakat luas:


    1. Bagi Organisasi
 Memperluas pasar hingga mencakup pasar nasional dan pasar global, sehingga perusahaan bisa menjangkau lebih banyak pelanggan, memilih pemasok terbaik, dan menjalin relasi dengan mitra bisnis yang dinilai paling cocok
 Menekan biaya menyusun, memproses, mendistribusikan, menyimpan, dan mengakses informasi berbasis kertas
 Memungkinkan perusahaan mewujudkan bisnis yang sangat terspesialisasi.
 Menekan biaya persediaan dan overhead dengan cara memfasilitasi manajemen rantai nilai bertipe “pull” yang prosesnya berawal dari pesanan pelanggan dan menggunakan pemanufakturan just-in-time
 Menekan waktu antara pembayaran dan penerimaan produk/jasa
 Meningkatkan produktivitas karyawan melalui rekayasa ulang proses bisnis
 Menekan biaya telekomunikasi.
 
    2. Bagi Konsumen
 Memungkinkan konsumen berbelanja atau melakukan transaksi lainnya setiap saat (24 jam
 Memberikan pilihan produk dan pemasok yang lebih banyak kepada pelanggan
 Memungkinkan konsumen dalam mendapatkan produk dan jasa yang lebih
 murah, karena konsumen bisa berbelanja di banyak tempat dan melakukan perbandingan secara cepat 
 Produk yang terdigitalisasi, e-business memungkinkan pengiriman produk secara cepat dan real-time
 Memungkinkan pelanggan berinteraksi dengan pelanggan lainnya dalam electronic communities dan saling bertukar gagasan dan pengalaman  Memungkinkan pelanggan berpartisipasi dalam lelang virtual.
   3. Bagi Masyarakat luas
 Memungkinkan lebih banyak orang bekerja di rumah  Memungkinkan beberapa jenis barang dijual dengan harga murah.
 


Posting Komentar